Belajar dari Ikan

Siapa ikan yang paling sering terlihat di permukaan air?

Jawabku sendiri, ikan kecil-kecil. Di tempatku namanya iwak cethul. Atau jenis ikan lain yang memang size-nya miniatur. Atau ikan anakan. Atau ikan mainan bukan beneran.

Kalau ikan besar?

Ikan besar jarang nongol di permukaan. Setahuku ikan besar mejeng di permukaan itu ikan sekarat. Kalau masih ada pergerakan berarti sakaratul itu. Atau diam mengambang kalau sudah mati.

Mencoba logika ikan.

Kalau ada orang alim suka nampang di permukaan?

Apa dia kelas cethul yak?

Kalau ulama beneran yang menyeru kepada al-Haq?

Setahuku jarang nongol ke permukaan. Sluman slumun slamet. Gak hanyut pergerakan zaman. Sengaja gak pakai istilah perkembangan zaman, karena yang ada adalah kemunduran.

Kalau logika ini diarahkan ke bidang usaha? Ada istilah hulu dan hilir. Ada istilah rantai distribusi. Atau istilah lain yang berkembang lah…

Nah, ini baru cocok dengan blog. Gak ngawur ngrasani wong alim atau ikan.

Secara subyektif ya, buat ikan kecil ya mesti main di permukaan, kalau terlalu dalam bisa membahayakan. Dia juga mesti kesana kemari biar kelihatan eksis. Kalau ada gerombolan ikan yang seukuran apalagi sejenis, dia akan nimbrung. Mesti promo sana promo sini biar produknya dikenal orang. Itu sebuah proses. Masuk akal itu.

Kalau ada ikan merasa dirinya besar masih saja di permukaan? Ya itu tadi…. sakaratul maut. Kalau merasa sehat dan ngeyel di permukaan? Ya bakalan digebuk orang buat lauk makan siang.

Terus….?

Mbuh ah….

Kalau setuju, kasih cendol alias komen di kolom komentar, kalau gak setuju ya skip ajah atau tetep kasih komen juga lebih afdol.

Maktabah Syamilah Macet Di Android Pie

Beberapa waktu lalu, aku update S8+ pecah dari Android Oreo ke Pie. File sekitar 1,6 GB berhasil mengubah penampilan dan mendongkrak perfoma perangkat. Mantap pastinya. Tapi kesenangan dan kepuasan itu tak berlangsung lama. Hanya beberapa jam kemudian aku kecewa berat, berat sekali sampai tak sanggup aku menahan diri lagi.

Beberapa jam sesudah jadi Android Pie, si S8+ pecah aku bawa kajian rutin. Sang Ustadz membacakan kitab Sunan Abu Daud. Dan seperti biasa aku buka kitab dan S8+ pecah buat nambah takhrij dan tahqiq dengan program Maktabah Syamilah versi Android. Thet thoot….. Laa haula wa laa quwwata illaa billaahi… aplikasi Shamela gak mau jalan, sodara…. Baca lebih lanjut

Susah Banget Nyari Nama

Sebenarnya sudah agak lama kasus ini muncul, tetapi sampai saat ini tak kunjung sembuh juga. Sampai kadang aku juga ikut bingung dan ragu dan  akhirnya mesti lihat daftar produk lagi untuk meyakinkan diriku sendiri agar tidak salah.

Awalnya aku stok Cheerful 305114 produk PCh. Selaras dengan Escada Cherry In The Air. Pasar merespon dengan baik. Lancar jaya. Repeat order.

Belakangan muncul produk Cheerfull 1286 produk Charabot. Selaras dengan Paris Hilton Heiress. Okelah sebagai alternatif Marissa R04700 produk Parfex atau Tinkerbell 8543657 produk Charabot juga. Dengan harga yang lebih ramah di dompet Cheerfull mampu berkelit di pasar parfum. Sukses. Baca lebih lanjut

Budaya Antri dan Gangguan Mental

Assalamu’alaikum semua

Baru saja pagi ini, aku ke ATM BNI buat setor tunai di cabang pembantu Karanganyar. Aku parkir sepeda onthelku di depan ATM, ternyata ada bapak-bapak lagi menggunakan mesin ATM setor tunai. Oke, aku mengantri saja, gak ada yang aneh.

Lah, beberapa saat muncullah seorang bapak berbaju olahraga naik motor. Sambil membawa tas raket dan barang-barang lain, dia berdiri di sampingku. Sekilas dia melirikku dan masuk ke bilik ATM (sepertinya) menggunakan mesin tarik tunai. Tapi sekejap bapak yang lebih dulu menggunakan ATM setor tunai selesai, si bapak olahraga itu langsung menyerobot pakai ATM setor tunai. Allahu Akbar….

Lha ini namanya main serobot dah…

Langsung aku maju dan menegur si bapak olahraga,

Bapak, maaf ya… antri sesuai urutan dong…

Terlihat olehku tangannya sudah terulur hendak memasukkan kartu ATM ke mesin. Tapi seketika itu juga dia tarik lagi dan melangkah mundur.

Dia melihatku, dan aku pun melihat tepat ke matanya. Dia lalu diam dan membiarkanku menggunakan mesin ATM yang memang giliranku.

Oke…

Cuman seklias saja peristiwa itu terjadi.

Taaapiiiii…

Kalau melihat penampakan, sepertinya bapak itu jauh lebih tua dariku. Secara penampilan juga terlihat sebagai orang yang makan sekolahan. Tapi kenapa ya, kok gak tahu adab dan sopan santun? Atau sebenarnya tahu tapi dasar mentalnya sudah rusak?

Maunya berhusnudhon, bahwa dia sedang tergesa-gesa. Tapi aku gak nemu alasan untuk itu, lha wajahnya tidak terlihat kemrungsung. Gerakan dia turun dari motor tadi, dan cara berjalan menuju bilik ATM menunjukkan gestur orang yang tidak kesusu.

Jadi, benarkah informasi beberapa orang temanku yang psikiater dan guru ngaji itu, bahwa secara fakta, banyak orang Indonesia zaman ini yang mengalami penurunan kualitas mental? Sampai ngantri saja tidak faham? Tua hanya casingnya, tapi isinya kekanak-kanakan?

Kerekam pa gak ya di CCTV BNI? Kan bisa masuk acara TV…

Kerja Apa Main: Gowes Bareng Charabot

Hari Kamis kemarin ada kunjungan dari salah satu pemasok parfum, yakni Charabot. Bikin janji ketemuan sudah beberapa hari sebelumnya. Memang begitulah kebiasaanku, kalau gak janjian dulu jauh-jauh hari suka meleset dan kecele.

Oke. Kamis pagi Mas Chris Charabot datang, sebut saja MCC. Seiko menunjuk angka 06 lebih sedikit. Mobil parkir depan rumah, persiapan, dan genjoot…

Kami pakai dua Giant fullsus karena rute yang direncanakan memang trabas alaska, alias alas karet. Gowes trabas kali ini direncanakan dengan rute yang sudah sering aku lewati tapi baru pertama buat MCC. Memang dicari rute yang masih cukup moderat karena MCC kan jarang sepedaan meski beberapa kali gowes bareng aku. Jadi acaranya memang trabas santai gitu. Sebagian rutenya malah baru saja jadi agendaku bareng anak-anak di gowes bocah dan gowes to alaska.

Biar foto yang bercerita… Baca lebih lanjut

Dual Messenger di Samsung S8+

Pagi ini habis sarapan, jariku nganggur terus grayak-grayak si S8+ gawean Samsung yang masih pecah punggungnya itu. Maunya buka pesan WA di akun gandaku yang ku install dengan aplikasi Parallel Space. Tapi mak bedunduk… muncul iklan gadis seksi alias porno. Ra nggenah blass…

Tekan tombol silang di sisi atas, malah nutup dan kembali ke layar awal. Weladalah… mau ngulangi langkah awal, wis kadung jinjo alias keki. Yo wis gak sido buka WA akun dua. Sekalian mau ngecek fitur agenda yang juga aplikasi pihak ketiga yang ngilang dari layar kunci. Padahal aplikasi ini mbantu banget untuk ngingetin acara harianku. Wooo lha. Tibake… Baca lebih lanjut

Pekerjaan Yang Utama

Di salah satu kesempatan di bulan Ramadhan kemarin aku diminta ngisi acara buka bersama di sebuah komunitas di kampung. Temanya berpusat pada usaha mencari rejeki yang halal dan strategis.

Mendadak ustadz ceritanya. Kebetulan, aku juga bakul. Klop wis…

Aku mengutip beberapa baris dari tulisan seorang ulama yang cukup terkenal di kalangan santri, yakni beliau Al Mawardi yang kitabnya dikasih judul Al Hawiy al Kabir. Gampang, wong pakai Maktabah Syamilah versi komputer, hehe…

Begini kutipan tulisan beliau, Baca lebih lanjut

Kerja Apa Maen

Sudah beberapa kali, aku ngajak para suplier parfum maupun botol untuk gowes santai, wkwkwk…

Berangkat habis subuhan, pulang bisa pas maghriban. Santai apa santai yak…

Awalnya dulu sih rasanya mustahil bisa gowes sampai nanjak-nanjak gitu. Tapi berbekal usaha yang dilandasi kesabaran dan keikhlasan (halah), akhirnya jadilah kenyataan.

Berbekal beberapa jepretan lalu jadilah viral, haha…

Ceritanya, ketika beberapa dari suplier ini balik kantor esok hari, lalu berbagi cerita dan foto, seru jadinya suasana kantor.

Kerja apa maen yak….

2

Kenapa Orang Menggunakan Beberapa Tipe Parfum

Sebenarnya apa yang terjadi dengan diri seseorang ketika dia mengoleksi beberapa parfum sekaligus dan ditambah dengan fakta bahwa parfumnya habis dalam waktu beriringan?

Lepas dari apakah parfumnya original ataukah isi ulang, tentu ada alasan mengapa seseorang melakukan itu.

Barangkali karena alasan waktu digunakannya parfum itu sendiri? Kesan parfum yang digunakan ketika malam hari tentu berbeda dengan parfum untuk siang hari.

Atau karena kadar formalitas acara yang akan dihadiri? Mosok parfum suasana pantai dipakai buat layat?

Atau apa?

koleksi